Pages

Sunday, December 27, 2015

Tes Bahasa Inggris Online

Karena hobi bahasa, saya sampai saat ini masih belajar 4 bahasa asing. Yang jadi prioritas pertama adalah bahasa Inggris. Sekarang, saya sudah membuat Tes Vocabulary Bahasa Inggris Online Metode Taba yang dapat diakses oleh siapapun, gratis!

Berikut ini beberapa situs yang menawarkan tes bahasa Inggris online:

Tes Bahasa Inggris Online - wallstreetenglish.com
Situs ini menawarkan ujian/tes bahasa Inggris online gratis dan praktis dengan keunggulannya: waktu fleksibel, pengajar berkualitas dan dapat face-to-face (bertemu langsung) antara murid dan pengajar/guru.

British Council Aptis - britishcouncilfoundation.id
Situs ini menawarkan tes/ujian bahasa Inggris untuk para calon karyawan. Salah satu karakteristiknya adalah penguasaan bahasa Inggris untuk wawancara (interview). Hasilnya pun cepat.

Tes Kemampuan Bahasa Online - EF Education First
Lembaga kursus EF memang sudah cukup terkenal di Indonesia. Bahkan salah satu buku tips belajar bahasa asing memasukkannya sebagai rekomendasi lembaga kursus.

Test Inggris Online (Internet Based English Test) testinggris.com
Situs ini menyediakan tes bahasa Inggris online, termasuk soal-soal ujian nasional. Bahkan ketika saya sendiri ingin mencoba mengikuti Tes Bahasa Inggris Online melalui Google, maka situs ini muncul paling atas.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis - EF Standard English Test
efset.org/id
Situs ini mengklaim telah dikembangkan oleh pakar bahasa kelas dunia. Selain itu, para peserta kursus akan diberikan hasil tes dan diagnosis terperinci atas kemampuan bahasa.

Latihan Soal Tes TOEFL Online Gratis - Stucture - Inggris
inggrisonline.com
Kalau situs ini tampaknya mengenalkan kita tentang soal-soal TOEFL. Banyak orang tahu bahwa TOEFL itu sangat penting, baik untuk melanjutkan kuliah maupun untuk bekerja. Tidak sedikit, lowongan kerja yang mensyaratkan nilai TOEFL standar.

Latihan dan Tes Bahasa Inggris Gratis
englishteststore.net
Situs ini memberikan alternatif belajar bahasa Inggris bagi yang sangat sibuk. Bahkan apabila tidak bisa mengerjakan latihan secara online, ia menyediakan file download.

Tes Bahasa Inggris Online (new) | CILACS UII
cilacs.uii.ac.id/tes_online
Kalau ini, situs yang dikembangkan oleh salah satu universitas atau perguruan tinggi di Indonesia. UII memang cukup terkenal. Saya sendiri mengenalnya melalui beberapa jurnal ilmiah yang diterbitkan UII.

Test Online : Ujian Nasional
invir.com
Sementara itu, situs dua suku kata ini menyediakan tes bahasa Inggris untuk Ujian Nasional. Karena Indonesia masih memfavoritkan sistem Ujian Nasional walaupun masih beresiko kecurangan (nyontek), maka latihan tes ujian nasional online bisa jadi media pembelajaran alternatif sebagai persiapan UN.

Daftar Soal Inggris Online . Net
inggrisonline.net/soal
Soal-soal bahasa Inggris yang ada pada situs ini merupakan karya Eko Hartono. Ada 88 soal yang bisa kita coba.

Free English Grammar Test
englishteststore.net/
Situs ini menyediakan tes bahasa Inggris online atau Anda mendownload-nya agar dapat dikerjakan tanpa koneksi Internet. Dilihat dari headernya, situs ini lebih fokus pada tes tata bahasa (grammar).

Tes Kosakata Bahasa Inggris Online Katabah.com
Situs ini menyediakan tes vocabulary online gratis, sekaligus penjelasan tentang grammar bahasa Inggris. Dikembangkan sebagai blog personal oleh seorang blogger yang hobi belajar empat bahasa asing, yaitu: bahasa Inggris, Arab, Jepang dan bahasa China Mandarin.

Pada posting ini, saya berikan gambaran lebih rinci terkait tes kosakata yang ada pada situs Katabah.

Meskipun sekarang fokusnya baru pada tes vocab, tapi sebenarnya sudah ada cukup banyak latihan-latihan soal grammar sudah siap akses secara online.

Adapun tes vocab yang sudah siap diakses online saat ini mencakup:
1. Tes Vocab pilihan ganda
2. Tes Vocab jawaban pendek dari bahasa Inggris ke Indonesia
3. Tes Vocab jawaban pendek dari bahasa Indonesia ke Inggris
4. Tes Vocab dengan kosakata materi dasar dan menengah
5. Tes Vocab dengan kosakata dari soal-soal TOEFL
6. Tes Vocab tentang dunia hiburan. Salah satu contohya adalah diambil dari rubrik yang menampilkan wawancara dengan Nirina Jubir, host TV yang jago 6 bahasa, terutama bahasa Inggris dan China.

Rencananya, akan ada banyak topik yang disajikan untuk Tes Vocab tersebut dengan tujuan dapat membantu kita meningkatkan perbendaharaan vocabulary sehingga mampu menjadi penerjemah.

Kita tahu bahwa vocabulary juga menjadi kunci sukses bagi penerjemah. Tidak mungkin kita bisa menyelesaikan proyek penerjemahan, sementara kita masih sering menggunakan kamus untuk mencari arti kata.

Agar proyek penerjemahan tidak mendepak deadline, sebaiknya kita menggunakan kamus itu untuk mencari padanan kata yang lebih sesuai dengan kalimat yang digunakan, bukan sama sekali tidak tahu arti suatu kata.

Sekarang kita mengingat lagi peran penting vocabulary agar kita bisa lebih cepat menguasai bahasa Inggris.

Tes Vocab Untuk Listening
Kalau kita tidak tahu vocabulary secara tertulis, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan Listening Skill yang bagus karena kita bukan native speaker. Meskipun kita melakukan tes vocab secara tertulis, maka tetap akan membantu kemampuan listening.

Tes Vocab Untuk Reading
Kalau ini sudah pasti diyakini kebanyakan orang bahwa tanpa vocab, kita tidak akan mampu memahami teks Reading. Bahkan sebatas teks percakapan sederhana pun, kita akan kesulitan. Makanya tes vocab akan membantu kita untuk memahami suatu kalimat, paragraf maupun satu bacaan secara menyeluruh.

Tes Vocab Untuk Speaking
Speaking itu kan berbicara, untuk apa harus tes vocab tertulis? Kalau kita lahir di negara-negara yang bahasa aslinya bahasa Inggris mungkin saja tanpa kemampuan vocab tertulis kita tetap akan bisa berbicara.

Akan tetapi, sebagai orang Indonesia yang memposisikan bahasa Inggris sebagai second language, maka kemampuan vocab secara tertulis itu sangat penting.

Ketika ingin berbicara dalam bahasa Inggris hampir selalu kita mengingat cara penulisannya. Inilah alasan pentingnya tes vocab tertulis untuk speaking.

Tes Vocab Untuk Writing
Kalau writing skill sudah pasti membutuhkan vocabulary tertulis dengan baik. Walaupun Writing Skill yang baik itu harus menggunakan grammar yang benar, tapi kemampuan vocabulary itu menjadi modal utama sebelum grammar.

Jika tanpa vocab yang banyak, lantas mau apa yang akan disesuaikan dengan grammar. Masa iya mau menyusun pola kalimat seperti S+V+O untuk sebuah karangan? Tidak mungkin, kan?

Bahkan seandainya vocabulary bahasa Inggris disusun dengan pola kalimat bahasa Indonesia, tetap saja lebih bagus daripada pola kalimat grammar tanpa kosakatanya.

Mari perhatikan contoh penerapan grammar dan vocabulary di bawah ini:

Penerapan Grammar Tanpa Vocab:
Tono: S+V1+O?
Budi: S+V2+O!
Tono: Do+V1+ O?
Budi: Did+V1+O.

Melihat percakapan di atas, apa maksudnya ya…? ha..ha..

Penerapan Vocab Tanpa Grammar:
Tono: You are sure?
(Harusnya: Are you sure)
Budi: I sure.
(Harusnya: I am sure)

Percakapan kedua tampaknya lebih mudah dipahami, bukan? Jangankan oleh orang-orang yang sudah memahami grammar, oleh orang-orang yang awam grammar juga sudah bisa dipahami.

Jika percakapan tanpa grammar seperti di atas disajikan secara tertulis, maka kita dapat memahaminya dari tanda tanya di akhir kalimat. Sedangkan jika percakapan tersebut disajikan secara lisan, maka kita dapat memahaminya dari intonasi lawan bicara.

Jadi, jangan ragu dan jangan malu, marilah kita perbanyak vocabulary. Tips cepat menguasai bahasa Inggris itu memang penting, tapi yang lebih penting dari semua tips itu: Prakteeeek! He..he..


Prakteknya bagaimana? Sesuaikan dengan selera kita. Tidak bisa semua orang menerapkan satu cara yang sama untuk memahami bahasa Inggris. Namun setidaknya cara yang pernah dilakukan oleh orang lain bisa dijadikan masukan untuk menemukan cara belajar yang cocok untuk diri kita. Tes Vocab Online merupakan salah satu caranya. Mau? Anda bisa mencobanya sendiri secara online dan gratis..tis..tiss!

No comments:

Post a Comment