Pages

Friday, December 25, 2015

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Guru



Cara cepat menguasai bahasa Inggris itu bisa jadi target ‘buruan’ orang-orang yang akan belajar bahasa Inggris, baik karena suka bahasa asing tersebut maupun karena tuntutan kerja, bisnis atau kuliah.

Cara cepat jago  bahasa Inggris itu identik dengan cara cepat kaya. Namun jika kita menyikapinya dengan mental positif, makna “cara cepat” itu bukan berarti kita ingin jago bahasa Inggris dalam semalam, tapi kita mencari cara yang paling efektif untuk belajar.

Mari kita perhatikan contoh-contoh kalimat yang memuat tips-tips cara cepat yang ditawarkan oleh banyak pihak yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris berikut ini:

6 Rahasia Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Dalam 1 Hari
Kalau kita tidak menyikapinya secara dewasa, maka boleh jadi menganggap dalam 1 hari kita benar-benar sudah jago bahasa Inggris sehingga dapat bersaing dengan orang-orang lulusan jurusan bahasa Inggris. Inilah yang keliru!

Setahu saya, tips seperti itu memberitahukan kepada kita tentang prioritas materi bahasa Inggris yang harus dipelajari. Misalnya, 6 Rahasia berupa cara menghapal 6 tenses super kilat. Ini mungkin terjadi!

Tapi kalau kita benar-benar menguasai 6 tenses itu belum tentu karena setelah menguasai 6 tenses, kita juga harus mempunyai vocabulary yang cukup untuk membuat kalimatnya.

Contoh cara cepat menghapal 6 tenses:
1. Present Tense
a. Present Continuous
b. Present Perfect

2. Past Tense
a. Past Continuous
b. Past Perfect

Nah, cukup waktu sebentar saja, kita sudah bisa menghapal 6 tenses di atas karena sudah dikelompokkan sehingga otak kita merasa lebih mudah.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan 3 Langkah Mudah
Apakah dengan 3 langkah mudah kita akan benar-benar jago bahasa Inggris seperti para pakar? Tentu tidak. Namun kita akan memiliki langkah nyata sehingga dengan 3 langkah, hasilnya sudah bisa diperoleh walaupun tidak langsung setingkat pakar.

Contoh 3 langkah mudah belajar bahasa Inggris:
1. Menggunakan game belajar bahasa Inggris
2. Langsung praktek dengan bule di tempat wisata
3. Ikut Tes Vocabulary Bahasa Ingris Online Metode Taba

Dengan 3 langkah cepat di atas, kita bisa memperoleh hasilnya dengan cepat. Tapi hasilnya itu bukan langsung jadi profesor lho…! Melainkan 3 langkah di atas akan menjadi motivasi untuk mindset kita bahwa belajar bahasa Inggris itu tidak sulit.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Les
Ada orang yang merasa tidak cukup walaupun sudah ada mata kuliah bahasa Inggris di kampusnya, maka ikut les bisa menjadi tambahan. Les bahasa Inggris biasanya identik dengan adanya guru langsung datang ke rumah.

Agar tidak ketergantungan pada guru (manusia), maka kita bisa menggunakan buku-buku yang dilengkapi dengan audio-video. Bahkan sekarang sudah ada yang mengklaim bahwa buku panduan bahasa Inggris itu sudah bisa berperan seperti guru di kelas. Bahkan para pengajar via video tersebut didatangkan dari luar negeri.

Ada kesulitan? Apakah harus mengontak ke luar negeri? Biasanya, kita mengontak kepada lembaga pembuat buku interaktif tersebut untuk berkonsultasi gratis.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris - EF Indonesia
Sebagai bukti bahwa banyak para penyelenggara kursus bahasa Inggris di Indonesia ikut berpartisipasi menyebarkan “cara cepat belajar bahasa Inggris” adalah seperti yang dilakukan oleh EF Indonesia.

Namun pertanyaannya, apakah semua orang yang bergabung dengan EF Indonesia akan dijamin sukses? Tidak ada jaminan karena gaya belajar dan kemampuan orang itu berbeda-beda.

Belajar Bahasa Inggris dengan Otodidak
Bagi yang super sibuk, belajar otodidak seringkali menjadi pilihan. Otodidak berarti kita belajar sendiri dan mandiri. Kita yang mencari buku atau referensi, kita juga yang mengatur jadwal belajar sendiri.

Meskipun saya mengikuti mata kuliah bahasa Inggris, tapi yang paling dominan digunakan adalah metode otodidak. Hampir setiap hari belajar bahasa Inggris, cara belajarnya pun disesuaikan dengan keinginan saya sendiri saja. Hasilnya membuat saya relatif menikmati, tidak terkekang seperti di sekolah yang cenderung membosankan.

Akan tetapi, otodidak juga bukan berarti dapat berjalan selalu mulus. Saya seringkali mengalami kesulitan dan ketika kesulitan muncul, maka susah untuk mencarikan solusinya karena tidak ada tempat bertanya, selain buku dan Google. He..he..

Tips Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Kursus
Kalau kita ikut kursus bahasa Inggris mungkin saja bisa mendapatkan cara cepat menguasai bahasa Inggris karena biasanya kelebihan kursus itu adanya berbagai tips yang akan diberikan oleh para pengajar.

Akan tetapi, “tips cara cepat” tersebut tidak menjamin kita jago bahasa Inggris secara keseluruhan. Kita tetap harus bekerja keras untuk belajar mandiri alias belajar tanpa kursus, tanpa sekolah dan tanpa les.

Agar kita relatif lebih cepat menguasai bahasa Inggris, maka harus menetapkan materi apa yang ingin kita kuasai, misalnya:
“Kita fokus pada percakapan di pantai”
Percakapan bahasa Inggris itu banyak topiknya, maka pilihlah satu topik yang benar-benar kita sukai, misalnya: conversation di pantai. Ini akan bermanfaat ketika ingin menjadi guide para turis pecinta pantai.

Untuk menguasai percakapan tersebut, kita bisa melakukannya tanpa kursus. Yaitu beli buku conversation yang ada audionya. Kalau ada, lebih baik menggunakan yang ada videonya agar kita dapat melihat gerakan bibir penuturnya.

Melihat bibir pengucap bahasa Inggris akan membantu kita lebih mudah memahami dan mencontoh pengucapan bahasa Inggris yang benar.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Ribet
Materi bahasa Inggris yang dianggap ribet identik dengan grammar (tata bahasa). Banyak orang yang tidak mau belajar bahasa asing nomor satu dunia ini hanya karena kesulitan dalam belajar grammar.

Solusinya, kita jangan dibebani grammar. Beberapa kali sudah dibahas bahwa biarlah kemampuan grammar kita berjalan natural. Kita fokus pada vocabulary karena otak kita secara otomatis akan tertarik untuk mencari cara berbahasa Inggris yang benar (sesuai grammar) setelah vocabulary banyak.

Vocabulary juga tidak berarti kita harus selalu menghapal satu per satu kosakata bahasa Inggris seperti anak SD. Kita bisa menerjemahkan teks bahasa Inggris dari berbagai buku referensi, memahami surat kabar berbahasa Inggris (versi online juga sudah banyak), mengikuti Tes Vocabulary Bahasa Inggris Online Ala Taba atau cara lain, sesuai minat kita.

Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris Mudah Tanpa Guru
Cara belajar tanpa guru itu istilah lain dari cara belajar tanpa kursus atau les. Meskipun belajar tanpa guru itu seringkali mengalami kesulitan karena tidak ada tempat bertanya, tapi kita harus tahu bahwa keberhasilan seseorang dalam menguasai bahasa Inggris bukan ditentukan oleh pertemuan di kelas.

Tapi kita bisa sukses cepat menguasai bahasa Inggris jika kita mau rajin MENGGUNAKAN bahasa Inggris di luar kelas. Sengaja kata “menggunakan” ditulis kapital karena saya ingin memberikan penekanan bahwa kita ini sebaiknya bukan menggunakan istilah “BELAJAR”, tapi “MENGGUNAKAN”.

Kenapa?
Karena bagi sebagian orang, “belajar” itu identik dengan kekakuan seperti di sekolah. Sedangkan “menggunakan” itu bermakna lebih fleksibel, lebih bebas dan lebih sederhana.

Kita harus menggunakan bahasa Inggris di mana pun berarti walaupun grammar kita jelek, kita tetap harus berbahasa Inggris. Ini juga bisa dikatakan sebagai pengejewantahan dari makna “cara jitu menguasai bahasa Inggris itu adalah harus prakteeeeek!”

Kursus Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Online
Karena saat ini merupaka era Teknologi Informasi atau Teknologi Internet, maka layanan online sudah sering menjadi media alternatif untuk sukses dalam berbagai hal, termasuk cara belajar bahasa Inggris.

Media online juga bisa menjadi cara cepat menguasai bahasa Inggris karena kita tidak dibatasi tempat dan waktu. Tengah malam pun kita bisa belajar, bukan? Karena ada kursus bahasa Inggris yang menggunakan layanan interaktif seperti Metode Taba yang menyediakan Tes Vocabulary Bahasa Inggris Online Interaktif.

Jika kita ingin mendapatkan sertifikat, maka ikut lembaga kursus online bisa menjadi alternatif. Namun kalau kita tidak membutuhkan sertifikat, melainkan benar-benar hanya ingin menguasai bahasa Inggris tanpa guru dan tanpa batas ruang serta waktu, maka mengikuti Tes Online Interaktif lebih cocok untuk dipilih.

No comments:

Post a Comment